Cara-Mengobati-Bintitan
Cara Mengobati Bintitan

8 Cara Mengobati Mata Bintitan : Penyebab, Gejala, dan Pencegahannya

Posted on

Cara Mengobati Mata Bintitan – Mata bintitan di masyarakat kita sering dikaitkan dengan kebiasaan mengintip. Bahkan, mata yang membengkak muncul karena ada infeksi pada kelenjar di kelopak mata. Di dunia medis, mata bintitan disebut hordeloum.

Hordeolum adalah sejenis infeksi ringan pada kelenjar di kelopak mata. Yang ditandai dengan benjolan merah seperti jerawat menyebabkan rasa sakit. Ada dua jenis Hordeloum, yaitu Hordeoulum internal (infeksi yang terjadi pada garis bulu mata). Dan Hordeolum eksternal (infeksi di luar garis bulu mata).

Bintitan atau Hordeolum adalah penyakit di mana nodul yang menyakitkan yang terlihat seperti jerawat atau jerawat tumbuh di tepi kelopak mata. Bintitan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri dan biasanya hanya muncul di salah satu kelopak mata.

Cara-Mengobati-Bintitan
Cara Mengobati Bintitan

Bintitan sering terjadi di kelopak mata luar, tetapi kadang-kadang juga bisa muncul di bagian dalam kelopak mata. Bintitan yang tumbuh di dalam lebih menyakitkan daripada yang tumbuh di luar. Selain kelihatannya, bekas luka tidak menyebabkan masalah penglihatan.

Penyebab Mata Bintitan

Mata bintitan disebabkan oleh sumbatan kelenjar minyak. Kelenjar ini terletak di tepi kelopak mata. Kotak isian ini digunakan untuk menghilangkan minyak, penyumbatan mempengaruhi fungsi.

Jika penyumbatan kelenjar minyak disertai oleh bakteri yang terperangkap di kelenjar dan tidak bisa keluar sebagaimana mestinya. Kemudian terjadi infeksi yang menyebabkan peradangan yang memerah dan bahkan bernanah.

Baca Juga : Cara Mengobati Mata Minus Secara Alami

90% kasus mata bintitan disebabkan oleh Staphylococcus aureus, yang menyerang akar folikel di bulu mata. Masuknya bakteri ke dalam kelenjar dapat disebabkan oleh kebersihan mata yang kurang terpelihara, penyakit yang meradang kelopak mata, atau kondisi lingkungan.

Bakteri Staphulococcus sebenarnya ada di kulit dan bertahan tanpa menyebabkan masalah. Namun, ketika bakteri ini menyerang selaput lendir atau kelenjar kelopak mata, pembentukan nanah terjadi.

Jika Anda menggosok mata dengan tangan kotor, bakteri tak terlihat bisa masuk ke kelopak mata. Karena itu selalu jaga tangan Anda bersih dan jangan menggosok mata Anda secara sembarangan, agar mata tidak muncul.

Gejala Mata Bintitan

Hordeolum ditandai dengan benjolan kecil kemerahan di kelopak mata, yang terasa nyeri dan kadang disertai pusing. Selain itu, gejala awal lainnya sebelum munculnya benjolan Hordeolum adalah sebagai berikut:

  1. Mata sering Berair
  2. Penglihatan Kabur
  3. Rasa seperti kelilipan atau benda asing di kelopak mata
  4. Tempat kekuningan di bencolan Hordeolum, tempat nanah keluar.

Hordeolum internal lebih berbahaya daripada hordeolum eksternal dan biasanya harus dirawat oleh dokter untuk pulih. Selain itu, tidak terlihat dari luar, sehingga dapat mempengaruhi fungsi mata. Berikut gejalanya:

  1. Gangguan Penglihatan
  2. Mata Merah
  3. Bintitan Berdarah
  4. Rasa sakit yang luar biasa

Jika Anda melihat gejala-gejala di atas, segera hubungi dokter Anda. Karena gejala-gejala ini memerlukan perawatan khusus oleh para profesional kesehatan.

Cara Mengobati Mata Bintitan

Ini tidak hanya menyebabkan kurangnya kepercayaan diri, tetapi juga ketidaknyamanan ketika melihat karena rasa sakit, gatal dan peningkatan produksi air mata.

Ada beberapa cara untuk merawat mata yang terang alami untuk mempercepat proses penyembuhan, dan menggunakan obat tambahan dari dokter:

Bersihkan Dengan Sabun dan Air

Membersihkan mata dengan air normal tidak cukup. Gunakan kain bersih yang dibasahi dengan sabun dan air untuk menyeka kelopak mata dengan lembut.

Pastikan Anda menggunakan jenis sabun yang tidak menyebabkan sakit mata. Menggunakan metode ini secara rutin setiap hari dapat membantu mencegah munculnya mata pucat pada kelopak mata lainnya.

Bersihkan Dengan Larutan Air dan Garam

Jika anda tidak ingin menggunakan sabun, Anda juga bisa membersihkan mata berjerawat dengan air garam. Seperti halnya penggunaan sabun, larutan air asin dapat membantu membersihkan mata yang bengkak karena menghilangkan bakteri.

Gunakan Kantong Teh Hangat

Kantong teh yang sudah digunakan juga bisa berguna untuk keperluan lain. Ya, jangan langsung membuangnya karena kantong teh bekas masih bisa digunakan untuk mengompres mata yang kembung.

Baca Juga : 12 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Sebenarnya, Anda dapat menggunakan segala jenis teh, tetapi diyakini bahwa teh hitam memiliki sifat antibakteri dan efek menghilangkan pembengkakan, yang mempercepat penyembuhan mata putih. Atau jika sudah dibuang, Anda bisa mencelupkan teh celup baru ke dalam segelas air hangat seolah-olah sedang membuat teh.

Biarkan berendam selama 1 menit sampai kantong teh agak dingin, lalu oleskan ke mata tertutup selama kira-kira. 5-10 menit. Cobalah menggunakan dua kantong teh yang berbeda di setiap mata.

Gunakan Kompres Hangat

Kompres hangat bisa menjadi alternatif untuk mengatasi mata yang kaku, selain menggunakan kantong teh hangat. Kedua metode ini sama efektifnya, karena membantu mendorong nanah ke permukaan kelopak mata sehingga keluar secara alami.

Penting untuk diketahui bahwa tonjolan merah mata jerawatan biasanya mengandung nanah. Karena itu, jangan khawatir jika nanah keluar dari mata Anda, karena ini berarti ketidaknyamanan akan segera sembuh.

Baca Juga : Kenapa Air Mata Keluar Ketika Menguap, Inilah Penjelasanya

Anda dapat merendam kain bersih dalam baskom berisi air hangat dan kemudian memerasnya sampai tidak ada lagi air yang menetes. Tempatkan kain di atas mata selama 5-10 menit. Ulangi ini 3-4 kali sehari.

Minum Obat Penghilang Rasa Sakit

Ambil ibuprofen atau acetaminophen (Tylenol) untuk mengurangi rasa sakit mata. Ikuti instruksi pada paket untuk memastikan Anda mengambil dosis yang tepat.

Jika benjolan menyebabkan sakit parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, segera dapatkan bantuan medis.

Jangan Menggunakan Make-up dan Jangan Memakai Lensa Kontak

Hindari penggunaan riasan jika Anda memiliki benjolan di mata. Riasan bisa membuat mata lebih teriritasi dan menunda proses penyembuhan. Anda juga dapat memindahkan bakteri ke makeup Anda dan mentransfer infeksi ke mata lain.

Jika Anda terbiasa memakai lensa kontak, kembalikan ke kacamata sampai benjolan Anda sembuh. Bakteri yang menyebabkan keluarnya mata dapat menyerang lensa kontak Anda dan menyebarkan infeksi.

Gunakan Salep Antibiotik

Anda dapat membeli salep antibiotik, yang tersedia secara bebas di apotek. Pastikan setiap produk yang Anda gunakan aman untuk digunakan di area mata.

Dapatkan Perwatan Medis oleh Dokter Anda

Dokter Anda mungkin juga akan meresepkan krim antibiotik untuk infeksi. Dalam kasus peradangan, dokter Anda mungkin memberi Anda suntikan steroid untuk mengurangi pembengkakan.

Baca Juga : 4 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Masyarakat Modern Yang Terbukti Ampuh

Kadang-kadang, bintitan perlu dirawat secara profesional, terutama jika pembengkakan kelopak mata terjadi dari dalam atau mengganggu penglihatan. Ingatlah untuk tidak pernah memecahkan, mendorong, atau menyentuh benjolan di mata Anda. Dengan menekan benjolan, nanah akan keluar dan menyebabkan infeksi.

Pencegahan Bintitan

Langkah utama untuk mencegah munculnya jerawat adalah menjaga kebersihan mata dengan:

  1. Jangan menggaruk mata karena dapat menyebabkan iritasi dan penularan bakteri ke mata.
  2. Cuci tangan Anda sebelum menyentuh mata Anda dan kenakan kacamata pelindung saat membersihkan rumah untuk menghindari debu.
  3. Jangan berbagi penggunaan handuk dengan orang lain, terutama orang-orang yang sedang bintitan.
  4. Sterilkan lensa kontak sebelum digunakan dan cuci tangan Anda terlebih dahulu sebelum mengoleskan lensa kontak ke mata.
  5. Jangan menggunakan kosmetik kadaluarsa, jangan menggunakan kosmetik mata yang telah digunakan saat bintitan, dan membersihkan wajah sebelum tidur.
  6. Temui dokter jika Anda memiliki infeksi atau peradangan pada kelopak mata.
Related posts: